Sore ini (1/2/2024) ngopi di kedai BAJ (belum ada judul), Jubung, Mangli, Kaliwates, Jember.

aku tak terlalu suka peraturan untuk menulis untuk sekarang. jadi aku hanya ingin menulis semauku, yang penting jadi. dari pada terlalu larut pemikirkan peraturan, tak jadi-jadi akhirnya tulisanku. aku juga mau langsung mempublishnya, tak mau menjadikannya arsip dahulu. maaf, aku mungkn terlalu bernafsu.

aku datang kesini bersama Ilham, menggunakan sepeda Cetolnya dari Ndalem di Ajung. rencanya tadi mau cetak foto dulu di depan MI mangli. namun ternyata tutup. akhirnya kami langsung kesini.

di kedai sudah ada cak Ibnu. Senior dalam ilmu dan dalam organisasi. beliau juga merupakan salah satu penjaga kedai ini. aku ngobrol, niat mencari ilmu kepada beliau. diantara obrolan kami, akan saya tuliskan dibawah ini. semoga Allah meridoi dan memberikan manfaat serta barokah dari apa yang kami kerjakan.

awal datang cak Ibnu sedang membuka blognya Jagadalittt. kulihat tulisan terlama sekitar tahun 2020. lalu setelah itu kami memesan kopi. setelah kopi dihidangkan dan aku membayar. aku bertanya kepada cak Ibnu mengenai nama blognya, Jagad alit.

"teng Jawi kan wonten namine jagad alit kaleh jagat gede. jagad alit nggeh kulo niki. dados nopo seng kulo tingali niku seng kulo tulis."

mengajak orang mikir itu susah

pram punya buku namanya Nyanyian Sunyi Seorang Bisu.

pram merupakan 7 bersaudara, salah satu adiknya bernama Susilo Ananta Toer.

pram itu gak punya apa-apa tapi ditakuti, dia pernah mendapat hadiah Nobel.

yang mengapresiasi karyanya bukan bangsanya sendiri. pertama bukunya diterbitan di Australia, kemudian saat mendapat hadiah Nobel ada yang kontra dengan itu, tidak setuju, yaitu mereka beberapa orang dari intelektual bangsanya sendiri.

perjuangan pram dalam menulis sangat besar. ia menulis di mesin ketik dalam sel yang berada diatas kapal saat ia akan dipindah dari nusakambangan menuju pulau buru. tulisan yang akan diantarkannya harus melewati proses panjang sebelum sampai ke tangan yang dituju.

hewan dan manusia sama-sama memiliki pengetahuan. namun,pengetahuan hewan tidak kumulatif dan progresif. meski monyet melihat manusia makan menggunakan sendok, ia tidak akan memperlajari dan menirunya.


ada orang-orang yang dalam penderitaan tidak merasa menderita namun, merasa bahwa itu adalah pendidikan tanpa lembaga, meja, dan kursi.


dalam buku Sesaudara dalam iman, sesaudara dalam kemanusian kemarin malam saat ngopi di Ayo Rene karya Edi AH Iyubenu. "orang-orang yang bergamis, berpeci malah banyak yang mengeksploitasi alam dll."

bolehkah berbohong dalam Islam?

ada contoh berbohong dalam islam. rosul kepada siti aisyah ketika tehnya asin.

kenapa ndak ngomong apa adanya? karena hal itu ditiru orang lain untuk justifikasi kebohongannya.

contoh lain coba.

anak kecil yang mencuri roti untuk makan dan dikejar-kejar orang lalu bersembunyi dirumahmu.

kup adalah pemberontakan/perebutan kekuasaan.


kasta sudra: salah satu dari empat yang terendah.

baca, mikir; daya abstraksi kita dipacu.

baca sastra: konflik batin antara penulis dan pembaca: beda konteks.


ervin Goffman dengan teori dramaturgi: front stage dan back stage: apa yang ada di front stage adalah manifestasi dari back stage.

batin dan dlohir. 

ilmu firasat

psikologi

anatomi

orang yang menerima kedholiman terus-menerus bisa jadi itu adalah pegas untuknya melawan. dia bosan dan berusaha melawan.

Posting Komentar

0 Komentar